Tidur Siang dalam Bulan Puasa : Selain Sehat Juga Berpahala

Manfaat Tidur, Selain Sehat Juga Dapat Pahala Lho..
Tidur merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Sama seperti makan, tanpa tidur manusia jadi tidak bisa berfungsi dengan baik. Di tengah bulan puasa seperti ini banyak orang yang memilih untuk melewatkan waktu berpuasa dengan tidur. Hal ini memang tidak salah bahkan banyak yang bilang bahwa tidur orang yang berpuasa adalah berpahala (tapi jangan terus-terusan tidur juga ia.. hehehehe).

Nah, ada beberapa manfaat jika Anda memilih untuk melewatkan waktu puasa anda dengan tidur di siang hari.

Gambar 1

1. Meningkatkan Kekuatan Memori

Sebagian besar penelitian kesehatan setuju bahwa tidur siang mampu meningkatkan kekuatan memori manusia. Para ahli kesehatan setuju bahwa tidur siang sekitar 10-30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Itulah sebabnya jika Anda merasa malas di kantor, cobalah untuk tidur siang sebentar. 




Gambar 2
2. Meminimalkan Tekanan Darah

Lebih dari 60% populasi di dunia ini menderita penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian di Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga lebih dari 37%. Sebab tidur siang dapat mengurangi stres kardiovaskular yang menjadi faktor utama tekanan darah tinggi.



Gambar 3



3. Menenangkan Saraf

Penelitian yang dilakukan di University of Barkley mengungkapkan bahwa tidur siang sekitar 90 menit mampu menenangkan saraf yang tegang karena aktivitas sehari-hari.








Gambar 4

4. Membuat Anda Lebih Bersemangat

Kelelahan dan merasa lemas saat berpuasa kadang membuat Anda merasa tidak bersemangat. Sementara tidur siang mampu membuat Anda merasa lebih baik dan membuat Anda menjadi bersemangat.





Gambar 5

5. Meningkatkan Kewaspadaan

Karena tidur siang akan membuat Anda lebih bersemangat, maka Anda pun menjadi lebih awas dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Anda menjadi lebih waspada dan lebih percaya diri karena tidur siang.




Jadi dari pada bengong dan enggak tau harus melakukan apa di siang hari, kenapa Anda tidak mencoba untuk tidur siang saja? Selain lebih sehat, juga dapat pahala.

Wanti Nur Jadidah
Undergraduate Student of Economy Education
Syiah Kuala University
Sobat Bumi Scholars
Journalists in Harian Aceh Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Teknik dan Manfaat Evaluasi

SELAMAT JALAN VERRYS, TERIMA KASIH UNTUK 5 HARI YANG BEGITU INDAH

Welcome Ramadhan : Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan