DESTINASI WISATA ALAM GOA JEPANG LHOKSEUMAWE (Wisata Alam Goa Jepang Visit Lhokseumawe Year 2015)

Panoraman indah dari atas Taman Wisata Bukit Goa Jepang. (HARIANACEH.co.id/Rizal Djunaidy Kaoy)

Kota Lhokseumawe merupakan sebuah kota di provinsi Aceh, Indonesia yang berada persis di tengah-tengah jalur timur Sumatera. Berada di antara Banda Aceh dan Medan, sehingga kota ini merupakan jalur distribusi dan perdagangan yang sangat penting bagi Aceh.

Objek Wisata Alam Goa Jepang, menjadi salah satu andalan pariwisata Kota Lhokseumawe untuk Visit Lhokseumawe year 2015. Selain memiliki nilai historis sejarah, Wisata Alam Goa Jepang juga memiliki panoraman alam yang sangat bagus. Setelah kita jumpai Goa satu, tak jauh dari situ terdapat Taman Ngieng Jioh (Taman Melihat Jauh).

Wisata Alam Goa Jepang terletak di Gampong Blang Panyang Kota Lhokseumawe ini merupakan salah satu bangunan peninggalan masa penjajahan Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Dai Nippon dimasa lalu.

“Goa ini merupakan tempat persembunyian tentara jepang saat terjadi perang tempo dulu. Dari dalam Goa itu mereka dapat melihat situasi di luar. Disini ada 16 Goa, namun baru satu yang dipugar. Sedangkan yang 15 lainnya masih dalam proses,” Ujar salah seorang penjaga Goa.

Lokasi Goa yang terdapat dikawasan perbukitan Cot Panggoi itu, juga memiliki panorama alam yang bagus. Bahkan, jika berada di tempat tersebut, maka akan tersuguhkan empat dimensi panorama yang bisa disaksikan. Menghadap ke Utara, akan terlihat perairan Selat Malaka, sebelah Selatan perbukitan, sebelah Timur akan terlihat daratan Kota Lhokseumawe dengan jelas sedangkan menghadap ke Barat akan terlihat bangunan industri raksasa pengolahan gas alam PT.Arun dan perusahaan pupuk PT.PIM.

Sehingga tidak heran, jika Jepang menjadikan lokasi itu sebagai tempatnya. Karena selain bisa mengawasi kapal musuh diwilayah perairan Selat Malaka, juga bisa memantau daerah sekelilingnya.
“Saat lebaran pertama banyak sekali pengunjung yang berdatangan. Tidak hanya dari Kota Lhokseumawe, akan tetapi juga warga Aceh Utara, Aceh Timur, Bireun, Pidie, bahkan warga Banda Aceh juga sudah banyak yang berkunjung,” Tambah salah seorang penjaga Goa.


This article has been published in http://harianaceh.co.id/ 

Wanti Nur Jadidah
Undergraduate Student of Economy Education
Syiah Kuala University
Sobat Bumi Indonesia
Journalists in Harian Aceh Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Teknik dan Manfaat Evaluasi

SELAMAT JALAN VERRYS, TERIMA KASIH UNTUK 5 HARI YANG BEGITU INDAH

Welcome Ramadhan : Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan