Sobat Bumi Aceh Adakan Gerakan Menabung Pohon Di Festival Kota Hijau Banda Aceh

Beberapa pohon yang disumbangkan oleh pengunjung.
 (HARIANACEH.co.id/Wanti Nur Jadidah)
Banda aceh (10 Mei 2015) - Dalam rangka festival kota hijau banda aceh, sobat bumi ikut serta membuka stand dan mengadakan program Ayo menabung pohon. Selama festival berlangsung banyak masyarakat yang menabung pohon baik dari kalangan  Mahasiswa, guru, LSM dan masyarakat lainnya. Sampai saat ini pohon yang telah disumbangkan oleh pengunjung sekitar 40 lebih pohon.


Program ini dilakukan karena  sebagian masyarakat yang mau menanam tetapi tidak punya akses untuk menanam di tempat yang membutuhkan pohon. Jadi, kami berinisiatif untuk menjembatani kegiatan menanam pohon itu.


Salah seorang pengunjung menyubangkan pohon. 
(HARIANACEH.co.id/Tiara Sucia)

Perlu kita ketahui bersama bahwa menanam pohon itu sangat banyak manfaat, diantaranya:  (1) Penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global; (2) sebagai suatu keindahan, dimana pohon tersebut memiliki keindahan tersendiri. Halaman atau bangunan tanpa di imbangi dengan pohon, akan terasa gersang, sebaliknya apa bila di sekitarnya di tanami pohon serta di tata dengan baik akan nampak hijau dan asri; (3) mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah, karena akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang sangat kuat; (4) menjadi pelindung, karena dengan adanya bnyak pohon akan menurunkan sutu, sehingga udara nya akan menjadi sejuk dan nyaman; (5) Manfaat Hygienis, yaitu sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia; (6) dan lain-lain.


“Kami berharap dengan adanya gerakan menabung pohon ini bisa membantu tempat-tempat umum atau bahkan sekolah-sekolah yang membutuhkan pohon. Sebelumnya kami telah melakukan penanaman pohon di SD 53 Banda Aceh pada April yang lalu” kata Arie Purnaratrie selaku ketua umum Sobat Bumi Aceh.

This article has been published in http://harianaceh.co.id/2015/05/10/sobi-aceh-adakan-gerakan menabung-pohon-di-festival-kota-hijau/.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Teknik dan Manfaat Evaluasi

SELAMAT JALAN VERRYS, TERIMA KASIH UNTUK 5 HARI YANG BEGITU INDAH

Welcome Ramadhan : Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan